Bahaya Kebiasaan Membaca Rebahan

Generasi Millenial adalah generasi yang lahir di era teknologi. Generasi ini terkenal dengan generasi instant.  Kehidupan generasi millennial tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama internet, entertainment/hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi ini.

Dalam hal kebiasaan membaca, generasi milenial juga terpengaruh adanya gaya hidup yang serba instant dan praktis. Gaya rebahan, maksud dari gaya rebahan adalah kegiatan memanjakan diri di kasur secara seharian. Baca buku sambil rabahan adalah kebiasaan yang menyenangkan bagi orang-orang yang mager. Terlihat begitu nikmat segala hal yang dilakukan dengan cara tiduran atau rebahan. Namun, dibalik kenikmatan duniawi ada segudang bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan membaca sambil rebahan. Apa saja ya bahayanya? Mari kita simak berikut ini.

  1. Menyebabkan Mata Minus, Posisi membaca sambil tiduran tidak disarankan karena jarak baca tidak ideal. Hal ini akan mengganggu aktivitas mata dan menyebabkan mata minus.
  2. Migran Berkepanjangan, Saat membaca sambil berbaring maka saraf mata akan seperti dipaksa berhubungan dengan saraf otak.
  3. Mudah Mengantuk, Membaca buku dengan rebahan membuat kita sering menguap ini karena reaksi mata yang lelah yang tidak disadari.
  4. Menimbulkan Kecanduan, kebiasaan tiduran merupakan kebiasaan negatif apabila dilakukan secara berkelanjutan akan menyebabkan kecanduan.