“Habis gelap terbitlah terang”, Kamu akan selalu menemukan harapan ditengah kebuntuan. Akan menemukan ujung tatkala mendaki. Jangan biarkan ketakutan menguasaimu dan teruslah berjuang wahai Kartini masa kini!”

Hari kartini yang diadakan setiap tahun pada tanggal 21 April 2022 tak lepas dari sosok yang menginspirasi perempuan yaitu Raden Adjeng Kartini. Raden Adjeng Kartini atau yang biasa dikenal dengan R.A. Kartini menjadi pelopor kebangkitan perempuan khususnya kaum pribumi.

Lahir di Jepara tanggal 21 April 1879, Kartini lahir dari keluarga kaya raya, merupakan putri dari bangsawan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang juga menjabat sebagai seorang bupati di Jepara pada masa itu.

Kartini muda membuat suatu gebrakan untuk memajukan status wanita pribumi. Keinginannya tidak semata hanya memajukan strata atau derajat wanita, namun juga yang berhubungan dengan masalah sosial. Hari Kartini ditetapkan pada tanggal 21 April sesuai dengan hari kelahiran Kartini.

Sebagai kartini masa kini, kita harus mempertahankan apa yang sudah diperjiuangkan oleh Kartini. Bukan dengan berperang, namun kita juga bisa memperjuangkan hak-hak wanita dan emansipasi wanita.